KONSEP WILAYAH DAN PERWILAYAHAN



Wilayah  (region) adalah suatu areal yang memiliki  karakteristik  tertentu  berbeda dengan wilayah  yang  lain. Wilayah  dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
Wilayah Formal  (uniform  region/homogeneous)  adalah suatu wilayah yang memiliki keseragaman atau  kesamaan dalam kriteria  tertentu, baik  fisik maupun  sosialnya. Contoh:  suatu wilayah mempunyai kesamaan bentang alam pegunungan  disebut wilayah pegunungan  atau suatu wilayah mempunyai keseragaman dalam bidang kegiatan bercocok  tanam  disebut wilayah pertanian.

Wilayah Fungsional  (nodal region) merupakan  wilayah yang dalam banyak  hal diatur  oleh  beberapa  pusat  kegiatan  yang saling  berkaitan dan ditandai  dengan adanya  hubungan  atau  interaksi  dengan wilayah di  sekitarnya.  Contoh:  Suatu industri didirikan  pada suatu wilayah.  Setiap pagi karyawan  bekerja menuju pabrik dan sore hari mereka pulang ke rumah masing-masing.

Regionalisasi  (Perwilayahan)
Regionalisasi berarti membagi wilayah-wilayah  tertentu di permukaan bumi  untuk keadaan tujuan  tertentu. Untuk menentukan  regionalisasi  wilayah harus diperhatikan  fisik yang meliputi  iklim, morfologi, sumber  daya alam, dan  keadaan  sosial budaya yang meliputi penduduk dan  budayanya.

Kaitan konsep wilayah  dan perwilayahan  dengan perencanaan  pembangunan (Pusat  Pertumbuhan) Pusat pertumbuhan  (growth  center) erat kaitanya  dengan Pertumbuhan  wilayah di permukaan Bumi tidak  tumbuh  bersama-sama  secara terarur,tetapi  sengaja  atau  tidak sengaja,  ada bagian yang tumbuh  dan maju berkembang  lebih cepat dibanding  dengan bagian lain. Berikut ini beberapa  teori  pusat pertumbuhan.

a.  Teori Tempat Sentral
Dikemukakan oleh ahli Geografi  Jerman  yang bernama Walter Chisstaller  tahun 1993 dan Agust Losch ahli ekonomi  Jerman tahsn 1945, menyatakan  tempat  yang lokasinya  sentral  adalah tempat yang memungkinkan  aktivitas manusia menjadi. maksimum,  baik dalam aktivitas  pelayanan maupun  yang menjadi  konsumen dari barang dan pelayanan  yang  dihasilkan.

b.  Teori Kutub  Pertumbuhan
Kutub  pertumbuhan  (growth pole)  adalah suatu srraregi pembangunan  yang dilakukan  dengan  cara menularkan  perkembangan  wilayah dari pusat  te pinggiran (center down deuelopment).  Teori ini dikemukakan  oleh Francois Perroux seorang  ekonom  Perancis  tahun  1950. pada  tahun  1972 Bou Deville memperkenaikan konsep pertumbuhan  sebagaimana  dikemukakan  oleh Perroux yang disebut  derrgan teori Engine of Economic  Growth.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "KONSEP WILAYAH DAN PERWILAYAHAN"