LITOSFER

Bumi tersusun atas lapisan lapisan yang dibatasi oleh bidang diskontinu bidang-bidang tersebut dapat dikemukakan pada kedalaman 32 km, 2932 dan 5182 lapisan lapaisan bumi itu adalah sebagai berikut :


  1. Barisfer (lapisan inti Bumi) yaitu lapisan yang tersusun dari unsur-unsur Nikel dan Besi. Lapisan inti bumi terdiri dari lapisan inti dalam (inner core) dan inti luar (outer core) . Suhu udara pada lapisan inti dalam dapat mencapai 5000 oC dengan ketebaan lapisan 1300 km. lapisan inti luar, suhunya dapat mencapai antara 2200oC dan 5000oC dengan ketebalan lapisan 2250 km. Berat jenis lapisan inti bumi adalah 9,6 gr/cm3.
  2. Mantel (lapisan antara) atau lapisan Asthenosfer adalah lapisan yang ada diatas lapisan inti luar. Lapisan ini memiliki ketebalan 2900 km lapisan ini memiliki terdiri dari beberapa unsur antara lain Silicon, Oksigen, Besi, dan Magnesium. Bagian bawah mantel yang dekat dengan lapisan inti luar suhunya dapat mencapai 2200oC. Bagian atas mantel suhunya sekitar 870 oC. berat jenis lapisan ini rata rata 5 gr/cm2.
  3. Kerak Bumi (Lapisan paling luar) Yaitu lapisan yang ada diatas mantel lapisan ini memiliki ketebalan antara 8 – 32 km. kerak bumi terdiri dari beberapa 7 unsur antara lain Oksigen, Silicon, Almunium, Kalsium, Besi sodium dan Magnesium.
Litosfer dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Lapisan SIAL adalah lapisan yang tersusun dari sisilium dan aluminium. Lapisan ini terdapat pada lapisan bagian atas litosfer.
  2. Lapisam SIMA adalah lapisan yang tersusun dari sisilium dan magnesium. Lapisan ini terdapat pada lapisan bagian bawah litosfer.

Subscribe to receive free email updates: