Pembahasan soal UN geografi SKL 1



SKL 1Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.



1. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, wilayah pantai Barat Sumatera sudah beberapa kali diguncang gempa tektonik dan dilihat dari struktur geologinya wilayah tersebut berada di zona tumbukan lempeng.
Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A. prinsip persebaran
B. prinsip distribusi
C. prinsip interelasi
D. prinsip deskripsi
E. prinsip korologi
 Pembahasan: Prinsip geografi:
a. Prinsip persebaran, artinya gejala, fenomena geosfer di ruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi. Contohnya tidak semua wilayah di Jawa Barat rawan longsor.
b. Prinsip interrelasi, artinya bahwa antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik atau saling keterkaitan satu sama lain. Misalnya, daerah rawan gempa sangat berkaitan dengan struktur geologi wilayah­ nya.
c. Prinsip deskripsi, merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi. Penjelasan tersebut dapat berupa uraian, peta, chart, tabel, grafik, citra, ataupun media lainnya. Misalnya, melalui peta dapat dilihat persebaran daerah rawan gempa Sumatra Barat.
d. Prinsip korologi, merupakan gabungan ketiga prinsip di atas. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan interrelasinya dari berbagai aspek. Pada soal hanya mengungkapkan Pantai Barat Sumatra rawan gempa akibat posisinya di zona tumbukan lempeng. Jadi, prinsip yang digunakan adalah prinsip interrelasi. Jawaban: C

2. Pak Seno pengusaha dari Jakarta memiliki lahan 2 ha di kawasan Puncak yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Sedangkan Pak Dadang memiiiki lahan 1 ha di samping tanah Pak Seno yang ditanami dengan palawija untuk memenuhi kebutuhan hari-hari.
Konsep geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A. konsep pola
B. konsep morfologi
C. konsep keterjangkauan
D. konsep nilai kegunaan
E. konsep aglomerasi
Pembahasan: Konsep geografi
a. Konsep Pola. Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan atau interaksi alam dengan alam, hubungannya dengan pola persebaran.
b. Konsep morfologi. Bentuk permukaan bumi sebagai hasil proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia. Contohnya pengelompokan pemukiman cenderung di daerah datar.
 c. Konsep keterjangkauan. Interaksi antartempat dapat dicapai, baik dengan menggunakan sarana transportasi umum, tradisional, atau jalan kaki.
d. Konsep nilai kegunaan. Manfaat suatu wilayah atau daerah mempunyai nilai tersendiri bagi orang yang menggunakannya.
e. Konsep aglomerasi. Pengelompokan penduduk dan aktivitasnya di suatu daerah. Pada soal hanya disebutkan perbedaan penggunaan lahan antara dua orang yang berbeda di daerah yang sama. Hal itu menunjukkan perbedaan dalam hal nilai kegunaan. Jawaban: D

3. Banjir yang sering terjadi di sekitar pemukiman penduduk di daerah perkotaan akibat semakin dangkal dasar sungai. Pendangkalan sungai terjadi akibat adanya penduduk yang membuang sampah ke sungai.
Pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah ....
A. pendekatan keruangan
B. pendekatan ekologi
C. pendekatan korologi
D. pendekatan kewilayahan
E. pendekatan kompleks wilayah
Pembahasan: Pendekatan geografi
a. Pendekatan keruangan, menganalisis gejala geo­ grafis berdasarkan penyebarannya dalam ruang. Analisisnya meliputi faktor lokasi, kondisi alam, dan kondisi sosial budaya masyarakatnya.
b. Pendekatan ekologi (lingkungan), menekankan hubungan antarmakhluk hidup dan komponen lingkungan hidup lainnya.
c. Pendekatan kewilayahan (regional), mencoba membandingkan berbagai kawasan di muka bumi dengan memerhatikan aspek­aspek keruangan dan lingkungan dari masing­masing wilayah secara komprehensif. Hubungan banjir dengan pembuangan sampah oleh penduduk dipelajari dengan pendekatan ekologi. Jawaban: B

Subscribe to receive free email updates: