Peran SM-3T dalam Membentuk Guru Berkarakter

Program SM-3T pertama kali dimulai program SM-3T pada tahun 2010 lalu. SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) adalah suatu program pengiriman sarjana kedaerah terpencil  sebagai upaya pemerintah membantu daerah 3T dalam menunjang peningkatan kualitas pendidikan. Dengan kondisi yang sangat trerbatas para sarjana baru akan bergelut untuk mengentaskan masyarakat   dari buta huruf, daerah yang pendidikannya masih rendah. Di daerah-daerah seperti itulah peserta SM3T di tempatkan. Contohnya Aceh, Papua, NTT, Natuna dll

program ini menurut saya sangat efektif untuk memecahkan permasalahan ketimpangan pendidikan didaerah pelosok dengan daerah kota, Bila dilihat dari animo pertahun, peserta SM-3T semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa keterpanggilan para sarjana di Indonesia. untuk mengikuti program ini semakin tinggi. Selain itu, memang bagi yang dinyatakan lulus nantinya akan mendapatkan fasilitas yang cukup untuk mengikuti program SM3T ini didaerah penempatan dan setelah masa pengabdian selama satu tahun mereka akan diberikan pendidikan PPG berasrama dengan biaya pemerintah (gratis).

Selain membantu pemerataan pendidikan keseluruh pelosok program ini sangat bermanfaat dalam menciptakan calon pendidik yang handal dan berkarakter, karena mereka dituntut untuk kreatif dengan keterbatasan segala keterbatasan yang ada. Semoga program ini dapat terus berlanjut agar cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa diseluruh daerah diIndonesia dapat terlaksana.

Subscribe to receive free email updates: