Gempa 6,6 SR Guncang Sumba Barat


lokasi gempa sumba barat

Gempa bumi berkekuatan 6,6 skala ricther (SR) mengguncang kawasan Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (12/2/2016) sekira pukul 17.02 WIB.  Titik gempa tersebut tepatnya terjadi di 9.77 LS - 119.34 BT 14 Km Barat Daya Sumba Barat. Gempa tersebut tak menimbulkan tsunami.
Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, iInformasi dari BPBD Kabupaten Sumbawa, NT, gempa dirasakan kuat selama 10-15 detik. Masyarakat pun berhamburan keluar rumah.


"Gempa juga dirasakan di Kota Bima (III-IV MMI) atau lemah hingga ringan. Gempa juga dirasakan lemah di Bali (II-III MMI)," katanya.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa mencapai VI MMI (kuat) hingga VII MMI (sangat kuat). Di daerah Waikabukak dan Waimanguat intensitas gempa VII MMI (sangat kuat), sedangkan di Waitabula, Waikelo, Praigopa, dan Memboro mencapai VI MMI.

"Diperkirakan 58.000 jiwa merasakan guncangan sangat kuat (VII MMI), 207.000 jiwa merasakan guncangan kuat (VI MMI), dan 228.000 jiwa merasakan guncangan sedang (V MMI)," imbuhnya.

Posko BNPB masih berusaha untuk menghubungi berbagai sumber untuk memperoleh informasi dampak gempa. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan.

sumber ; okezone.com

Subscribe to receive free email updates: