Benarkah air laut berwarna biru?


Warna dan Kecerahan Ketika kamu pergi ke pantai, perhatikanlah warna lautnya. Sebagian besar warna laut terlihat berwarna biru. Sekarang Coba kamu ambil sekantong plastik dan isilah dengan air laut. Ternyata warna air laut tidak biru, tetapi bening. Lalu, mengapa air laut terlihat biru? Hal ini karena pantulan gelombang warna itu.

Cahaya matahari sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai energi gelombang. Kenapa tampak biru? Tidak lain karena partikel di atmosfer lebih menghamburkan gelombang biru yang pendek daripada gelombang lain. Nggak percaya? Kamu bisa membuktikan dengan cara seperti ini. Arahkan tiga buah lampu berwarna merah, biru, dan hijau pada satu layar. Gabungan dari tiga warna cahaya ini akan menghasilkan warna putih. Lalu coba matikan lampu biru, maka gabungan kedua lampu lainnya (merah dan hijau) akan menghasilkan warna kuning.
Masih tidak percaya? Lakukan percobaan sendiri. Lalu, bagaimana dengan laut yang berwarna merah, hijau, kuning, hitam, maupun putih? Hal itu karena adanya kandungan unsur lain dalam air laut yang tentu saja akan memengaruhi pantulan gelombang yang mengenai air laut. Kandungan unsur lain yang menyebabkan air laut bisa berwarna selain biru dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah air laut berwarna biru?"

Post a Comment