PENERAPAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DALAM KAJIAN GEOGRAFI


Berdasarkan struktur keilmuannya, geografi adalah disiplin ilmu yang mengkaji tentang fenomena permukaan bumi (geosfera). Objek materialnya berupa: lithosfer, atmosfer, hidrosfer dan biosfer. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan keruangan, kelingkungan dan komplek wilayah. Teknik kajian yang digunakan dengan cara identifikasi, iventarisasi, analisis, sintesis, klasifikasi dan evaluasi, dengan teknik sajiannya menggunakan media peta, penginderaan jauh, sistem informasi geografi. Berdasarkan karakteristik disiplin ilmu geografi tersebut dan kemanfaatan ilmu geografi dalam kehidupan, antara lain:

  1. Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk, muka bumi serta pelestariannya.
  2. Mengevaluasi gejala sosial di muka bumi, interaksinya, dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
  3. Menganalisis gejala sosial di muka bumi, interaksinya, dan pengaruhnya terhadap kehidupan dan perkembangan wilayah.
  4. Menganalisis lokasi industri dan perkembangan wilayah serta menginformasikannya dengan menggunakan konsep dan grafikasi.
  5. Menggunakan konsep wilayah dan grafikasi dalam memahami lokasi, pola, persebaran dan hubungan antara objek.

Beberapa contoh penerapan Sistem Informasi Geografi (SIG) dalam beberapa bidang, antara lain:


  • Bidang Sumber Daya Alam: inventarisasi, manajemen SDA, kesesuaian lahan untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perencanaan tata guna lahan, analisis daerah rawan bencana, dan lain-lain.
  • Bidang Perencanaan: perencanaan wilayah, perencanaan pemukiman transmigran, perencanaan lokasi industri, dan lain-lain.
  • Bidang Pertanahan: sistem informasi pertanahan, manajemen pertanahan, dan lain-lain
  • Bidang Kependudukan: penyusunan data pokok, penyediaan informasi kependudukan/sensus sosial ekonomi, sistem informasi Pemilu, dan lain-lain.
  • Bidang Ekonomi, Bisnis & Marketing: penentuan lokasi-lokasi yang prosfektif untuk Bank, Pasar swalayan, Kantor ATM, dan lain-lain.
  • Bidang Militer: penyediaan data spasial untuk analisis rute-rute perjalanan logistik, peralatan perang, dan sebagai tools untuk kebutuhan war game, dan lain-lain.
  • Bidang Pendidikan: penentuan lokasi pendidikan, sistem informasi pendidikan/akademis, dan lain-lain.
  • Bidang Transportasi: inventaris jaringan transportasi, analisis kesesuaian dan penentuan rute-rute alternatif transportasi, analisis lokasi rawan kemacetan dan bahaya kecelakaan, dan lain-lain.



Subscribe to receive free email updates: