Subak adalah Wujud Pelestarian Lingkungan


Pada dasarnya subak merupakan teknologi yang masih tradisional dan berkearifan lokal. Peran manusia dalam tata bagi distribusi air untuk keperluan irigasi persawahan masih didominasi oleh tenaga, kemampuan, kearifan dan sikap adil dari masyarakat yang dipimpin oleh pemangku adat. Namun di sinilah letak keunggulan dari sistem subak. Kesadaran untuk bekerja secara sosial terbentuk tanpa menafikan penguasaan atas lahan pribadi.

Selain itu kearifan pemangku adat dalam membagi jatah air pada masyarakat petani menjadi prototipe kepemimpinan lokal yang berkeadilan. Harapan untuk menjadikan subak diakui sebagai warisan budaya dunia itu melalui proses dan kerja keras hampir 12 tahun. Pemerintah dan masyarakat di Bali tentu akan menyambut baik ditetapkannya organisasi pengairan tradisional dalam bidang tradisional atau subak sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh organisasi dunia di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.

Rakyat Indonesia patut berbangga atas masuknya subak dalam daftar warisan budaya dunia. Budaya subak merupakan perwujudan dari filosofi masyarakat Bali yaitu, Tri Hita Karana. Dalam rangka melestarikan lingkungan hidup di dalam keseharian kehidupan masyarakat Hindu di Bali, menganut pola Tri Hita Karana. Tiga unsur ini melekat erat pada setiap hati sanubari orang Bali. Tri Hita Karana sendiri merupakan hubungan yang harmonis antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan. Dengan masuknya sistem irigasi subak di Bali sebagai warisan budaya dunia diharapkan pemerintah terus memperhatikan berbagai konsep ekonomi hijau seperti subak yang merupakan salah satu wujud pelestarian lingkungan. Perhatian itu mulai dari sarana air irigasi dan kebutuhan bibit.

Penetapan sistem budaya subak memerlukan dukungan pelestarian lahan pertanian dari semua pihak agar tetap berkelanjutan. Dengan pengakuan ini, kita berharap sebagai daerah pariwisata akan menambah daya tarik daerah tersebut, sekaligus menjadi tantangan untuk pelestarian lahan subak itu sendiri melalui dukungan masyarakat dan bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subak adalah Wujud Pelestarian Lingkungan"

Post a Comment