Lapisan bumi


Secara umum bumi terdiri dari beberapa lapisan. Menurut komposisi (jenis dari materialnya), Bumi tersusun dari bebarapa lapisan yaitu:

a. Lithosfer
yaitu lapisan paling luar yang terletak di atas lapisan antara dengan ketebalan 1200 km berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3. Unsur-unsur kimia utama pembentuk lithosfer adalah: Oksigen (O) (46,6%), Silikon (Si) (27,7%), Aluminium (Al) (8,1%), Besi (Fe) (5,0%), Kalsium (Ca)
(3,6%), Natrium (Na) (2,8%), Kalium (K) (2,6%), Magnesium (Mg) (2,1%). Temperatur lithosfer meningkat seiring kedalamannya. Pada batas terbawahnya temperatur kerak menyentuh angka 200-400 oC. Berdasarkan arah pergerakannya, perbatasan antara lempeng tektonik yang satu dengan lainnya (plate boundaries) terbagi dalam 3 jenis, yaitu:
a. Batas Transform

Terjadi jika lempeng bergerak dan mengalami gesekan satu sama lain secara menyamping

b. Batas Divergen

Terjadi ketika dua lempeng bergerak menjauh satu sama lain

c. Batas Convergen

Terjadi jika dua lempeng bergesekan mendekati satu sama lain sehingga membentuk zona subduksi

Gambar 4.9 Batas Lempeng

b. Lapisan antara (mantel bumi)
yaitu lapisan yang terdapat di atas nife tebal 1700 km. Lapisan ini disebut juga asthenosfer mautle/mautel), merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar. Berat jenisnya 5 gr/cm3. Mantel bumi merupakan batuan yang mengandung magnesium dan silikon. Suhu pada mantel bagian atas 1300 0C-1500 0C dan suhu pada mantel bagian dalam 1500 0C-3000 0C
c. Barisfer
yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan nife (niccolum=nikel dan ferum besi) jari jari barisfer ±
3.470 km.


Gambar 5.0 Penampang Lapisan Bumi Lithosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua bagian yaitu:
a) Lapisan SIAL yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium, senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AL 2 O3. Pada lapisan sial (silisium dan alumunium) ini antara lain terdapat batuan sedimen, granit andesit jenis-jenis batuan metamorf, dan batuan lain yang terdapat di daratan benua. Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35 km. Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu:
Kerak benua : merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya. Kerak ini yang merupakan benua.
Kerak samudra : merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas, kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. Kerak ini menempati dasar samudra

b) Lapisan SIMA (silisium magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mempunyai ketebalan rata rata 65 km .

Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material), bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :
a. Lithosfer
b. Astenosfer
c. Mesosfer
d. Inti Bumi bagian luar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lapisan bumi"

Post a Comment