BIOSFER



Biosfer (berasal dari kata bio = hidup dan sphaira = tempat/lapisan). Biosfer dapat dibagi menjadi tiga bagian lingkungan atau biocycle, yaitu air asin (lautan), air tawar (sungai, danau, dan kolam), dan daratan (tanah dan udara yang bersentuhan dengan tanah).

Faktor-faktor yang Memengaruhi persebaran Flora dan Fauna antara lain:
  1. Klimatik (Iklim) ,Unsur-unsur iklim yang banyak memengaruhi jenis dan persebaran flora dan fauna, antara lain: Angin, Cahaya matahari, Tanah, Relief. Mahluk Hidup (Manusia & Hewan)
  2. Edafik (Tanah) Sifat-sifat tanah, seperti teksturnya, strukturnya, kadar udara dan kadar air, suhunya, kadar kimiawi, serta unsur biologinya sangat menentukan jenis tanaman yang tumbuh di tempat itu.
  3. Fisiografis (Relief) Perbedaan tinggi rendahnya muka bumi berpengaruh terhadap angin dan juga suhu. Sedangkan angin dan suhu berpengaruh terhadap tetumbuhan serta terhadap kehidupan hewan.
  4. Biotik (Makhluk Hidup) hewan dan manusia dapat memengaruhi kehidupan di suatu tempat. Hewan, misalnya sapi, dengan cara memakan rumput, hewan itu dapat menggundulkan padang rumput dan mengubahnya menjadi padang pasir. Hal ini seperti yang terjadi di Pulau Sumba.

Istilah Istilah yang berkaitan dengan Biosfer
  • Populasi adalah sekelompok mahkluk hidup dengan spesies yang sama, yang hidup di suatu wilayah yang sama dalam kurun waktu yang sama pula. Misalnya semua rusa di Isle Royale membentuk suatu populasi, begitu juga dengan pohon-pohon cemara.
  • Komunitas adalah kumpulan populasi tumbuhan dan tanaman yang hidup secara bersama di dalam suatu lingkungan. Serigala, rusa, berang-berang, pohon cemara dan pohon birch adalah beberapa populasi yang membentuk komunitas hutan di Isle Royale
  • Ekosistem adalah level paling kompleks dari sebuah organisasi alam. Ekosistem terbentuk dari sebuah komunitas dan lingkungan abiotiknya seperti iklim, tanah, air, udara, nutrien dan energi.
  • Bioma adalah kumpulan dari beberapa ekosistem  yang meliputi suatu daerah yang luas dan memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma merupakan ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis

Fauna di Dunia
Pengelompokan persebaran fauna di dunia dibagi menjadi beberapa wilayah persebaran (region) menurut Wallace  yang digambarkan sebagai berikut:


Faktor yang berpengaruh terhadap persebaran flora antara lain faktor geologi, iklim, sinar matahari, ketinggian tempat, kesuburan tanah, serta unsur biotik.

Berdasarkan Biomanya, flora di dunia terdiri dari :
Hutan hujan tropik,  : Vegetasinya yaitu hutan  tropis
Hutan musim/gugur : Vegetasinya Tanaman yang daunya bias meranggas ex:Pohon Jati
Hutan sabana,          : Vegetasi berupa padang rumput dan semak semak seperti akasia
Stepa.                       : Vegetasinya berupa Padang Rumput
Taiga                        : Vegetasinya Berupa  Pohon corniver (Cemara)
Tundra                      : Vegetasinya berupa Lumut

Fauna di Indonesia

Peta daerah flora dan fauna di Indonesia menurut Wallace dan Weber.
Sumber: Buku Geografi SMU, Drs. Priatna Sutisna, dkk.

Berdasarkan keadaan geologi, flora dan fauna di Indonesia terdiri dari flora dan fauna jenis Asia, disebelah Timur dibatasi oleh garis Wallace. Flora dan fauna jenis Australia disebelah Barat dibatasi oleh garis Weber. Bagian tengah disebut flora dan fauna jenis peralihan. Berdasarkan iklim, flora di Indonesia terdiri dari hutan hujan tropik, hutan musim, hutan sabana, dan stepa.


Usaha-usaha pelestraian flora dan fauna adalah:

gambar cagar alam
  • ditetapkan daerah suaka alam dan cagar alam,
  • pembangunan penangkaran hewan,
  • pembangunan harus berwawasan lingkungan,
  • mendorong peningkatan nilai-nilai ilmiah, budaya, pendidikan, ekonomi,
  • penerapan UU Perlindungan Alam,
  • menetapkan flora dan fauna langka,
  • melakukan usaha-usaha pelestarian diluar usaha konservasi (pelestarian hutan, pelestarian satwa, dan biota air).
Suaka alam dan margasatwa berfungsi melindungi lingkungan kehidupan, menjaga kesuburan tanah, menjaga tata air, sebagai obyek wisata, sumber devisa negara, sumber belajar, dan tempat penelitian.

Subscribe to receive free email updates: