Matahari



Matahari adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km,kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya (sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa Bumi) mewakili kurang lebih 99,86% massa total Tata Surya. Secara kimiawi, sekira tiga perempat massa Matahari terdiri dari hidrogen, sedangkan sisanya didominasi helium. Sisa massa tersebut (1,69%, setara dengan 5.629 kali massa Bumi) terdiri dari elemen-elemen berat seperti oksigen, karbon, neon, besi, dan lain-lain.

Bagian-Bagian Matahari

Bagian matahari dari dalam ke luar adalah inti, fotosfer, kromosfer, dan korona.
  1. Inti Matahari , Terjadinya ledakan inti hidrogen menjadi helium maka terjadilah panas yang tinggi.
  2. Fotosfer (Photosphere), Bagian luar matahari yang tampak menyerupai piringan berwarna emas, terdiri dari gelembung seperti permukaan air yang mendidih. Sebuah gelembung di permukaan matahari bergaris tengah + 1.000 km.
  3. Kromosfer (Chromosphere), Kromosfer berwarna kemerah-merahan berupa cincin cahaya dan tonjolan merah berupa awan (obor matahari). Kromosfer terletak di atas fotosfer berupa lapisan atmosfer matahari paling bawah yang materialnya sangat jarang. Tebal lapisan khromosfer + 16.000 km 
  4. Korona (Corona), Lapisan atas atmosfer matahari ini akan tampak jelas ketika terjadi gerhana matahari. Sepanjang sisi bulatan matahari sebagai lidah-lidah raksasa (fontein) yang dipancarkan beratus, bahkan beribu kilometerpanjangnya.

Selain bagian-bagian matahari tersebut di atas,perlu juga kita ketahui istilah istilah yang berkaitan dengan matahariyaitu  sebagai berikut:
  • Protuberans, yaitu obor matahari;
  • Prominen, yaitu semburan material matahari ke arah luar yang kemudian jatuh kembali ke permukaan matahari;
  • Sunspots atau noktah (bintik matahari), yaitu bagian permukaan matahari yang suhunya lebih rendah dari suhu di sekitarnya, warnanya agak gelap (hitam);
  • Flare (kilatan cahaya), yaitu bagian tengah antara bintik-bintik matahari dengan bagian yang memancar jauh lebih terang;
  • Aurora, yaitu cahaya warna-warni di kutub yang disebabkan oleh semburan material matahari yang sampai ke atmosfer bumi.


sumber: wikipedia

Subscribe to receive free email updates: