Batuan Sedimen



Batuan Sedimen
Batuan sedimen (endapan) ialah batuan yang diangkut oleh aliran air,angin, atau cairan gletser kemudian diendapkan di tempat lain. Akibat proses diagenesis (gaya kimia dan fisis) batuan sedimen menjadi keras.
Berdasarkan proses pembentukannya, batuan sedimen dibagi tiga, yaitu sebagai berikut.



  1. Batuan sedimen klastik, yaitu sedimen yang susunan kimianya sama dengan batuan asal. Ketika diangkut hanya mengalami penghancuran dari besar menjadi kecil saja. Misalnya, kerikil, pasir, lumpur (berasal dari batu-batu besar di gunung, masuk ke sungai lalu terbawa air dan saling membentur yang akhirnya menjadi kecil, susunan kimianya masih sama dengan batuan asal).
  2. Batuan sedimen kimiawi, yaitu sedimen yang terjadi karena proses kimia, pelarutan, penguapan, dan oksidasi. Misalnya, batu gamping (CaCO3) menjadi larutan air kapur Ca (HCO3)2 yang disebabkan oleh air hujan yang mengandung CO2. Larutan kapur ini sampai ke atap gua kapur. Tetesan air kapur di atas gua menjadi stalaktit dan di dasar gua menjadi stalagmit. Pembentukannya disebabkan pelarutan dan penguapan H2O dan CO2. Proses kimianya adalah CaCO3 + H2O + CO2 􀁮 􀁰 Ca (HCO3)2. Contoh lainnya ialah garam dapur dan gipsum yang merupakan hasil penguapan air laut.
  3. Batuan sedimen organik, yaitu sedimen yang terjadi selama proses pengendapannya mendapat bantuan dari organisme, yaitu sisa rumah atau bangkai binatang laut yang tertimbun di dasar laut, seperti kerang, terumbu karang, tulang belulang, kotoran burung (guano) yang menggunung di Peru, dan lapisan humus di hutan
Beberapa macam lingkungan tempat sedimen klastik diendapkan adalah sebagai berikut.
  1. Lingkungan aluvial, yaitu lingkungan sungai, misalnya endapan pasir di dasar dan kelokan alur sungai.
  2. Lingkungan delta, yaitu di muara sungai, misalnya macam-macam delta (pasir dan lumpur).
  3. Lingkungan gurun, misalnya gurun pasir.
  4. Lingkungan glasial (daerah es), misalnya timbunan morena.
  5. Lingkungan laut dangkal, misalnya sisa organisme laut, terumbu karang, dan endapan lumpur dari darat.

Subscribe to receive free email updates: