Jalan jalan ke Raja Ampat



Belakangan ini kawasan Kepuluauan Raja Ampat menjadi daerah tujuan wisata yang mulai banyak diminati, baik oleh turis asing atau domestik. Karena makin tingginya minat wisatawan kesini, otomatis semakin mudah pula akses yang ditawarkan untuk sampai ke tujuan.

Tempat terdekat menuju Raja Ampat dapat ditempuh melalui kota Sorong. Dari kota Sorong kita harus meneruskan perjalanan dengan kapal. Ada dua jenis kapal yang tersedia :

Speedboat ( 40 menit – 1 jam perjalanan ). Maksimal bisa memuat 15 orang penumpang dan biaya sekitar Rp 2 juta.
Long Boat ( 2 – 3 jam perjalanan ). Maksimal bisa memuat 10 orang penumpang dan biaya sekitar 1,2 juta.
Jika ingin melayari Laut Raja Ampat dengan privasi, anda bisa menyewa perahu kecil yang harganya bisa anda nego sesuai dengan rute yang ditempuh. Raja Ampat memiliki empat pulau utama yang bergunung-gunung dan ratusan pulau kecil disekitar area Raja Ampat. Anda bisa juga menjelajahi kawasan Karst yang merupakan fenomena alam yang memiliki berbagai flora dan fauna yang unik, antara lain Burung Surga ( Cenderawasih ) Botak, Cenderawsih Merah, Maleo Waigeo, Kus-Kus, Anggrek, Kelapa dll.

Selain menyelam dan melakukan konservasi, disini anda bisa juga melakukakn kegiatan lain seperti :
1. Pelayaran
2. Kayak
3. Menjelajahi pulau dengan perahu
4. Mengunjungi Burung Merah Paradise
5. Menikmati Karst pulau-pulau sekitar Pulau Wayag
6. Menjelajahi gua kelelawar
7. Membuat patung kayu langsung dibimbing oleh Suku Asmat
8. Perikanan menggunakan teknik traditional Papua
9. Tracking untuk menemukan air terjun
10. Makanan Couscous
11. Snorkeling

Pada tanggal-tanggal tertentu seperti Hari Kemerdekaan di Waigeo Utara dan Barat, anda dapat melihat festival keagamaan dan suling bambu tradisional (suling tambur ). Di timur Waigeo, ada fenomena alam yang unik dan menarik, yang hanya dapat dilihat setiap akhir tahun. Sebuah cahaya keluar laut dan berkeliling di sekitar permukaannya sekitar 10-18 menit. Fenomena ini oleh warga setempat dinamakan “Hantu Laut” dan hanya terjadi setahun sekali.

Untuk menetapAda beberapa tempat peristirahatan yang bisa anda kunjungi di Raja Ampat, antara lain :

Sorido Bay Resort, yang terkenal karena bangunannya yang unik dengan    bentuk terumbu karang.
Kri Eco Resort, sebuah resort traditional yang dibangun diatas air.
Pulau Kamp, Boathouse

Bulan terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah bulan Oktober dan November karena laut biasanya datar dan sempurna untuk pemotretan fotografi bawah air.

Gunakan agen perjalanan untuk memudahkan perjalalan anda menuju Raja Ampat. Perjalanan anda akan diatur oleh mereka karena agen travel sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak di lokasi untuk kemudahan pengunjung.

Untuk berjaga-jaga, bawalah obat-obatan anti malaria untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Subscribe to receive free email updates: