Inilah Daftar 9 Tempat Wisata favorit di Jawa Tengah.

Mengulas tempat wisata di Jawa Tengah pasti tidak ada habisnya. Tidak hanya mengulas mengenai beberapa tempat wisata di Jawa Tengah, tentunya kita juga ingin mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut. Dengan berkunjung ke salah satu provinsi di Indonesia yakni, provinsi Jawa Tengah, kita bisa menemukan banyak tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi wisata. Apa saja tempat wisata di provinsi Jawa Tengah ?  Inilah 9 Tempat Wisata favorit di Jawa Tengah.

1. Museum Kereta Api Ambarawa



Dahulu, Museum Kereta Api Ambarawa adalah suatu  stasiun kereta api yang sangat berjaya pada masa itu. Tetapi sekarang telah beralih manfaat menjadi museum. Museum ini berlokasi di pusat kota Ambarawa, lebih tidak lebih 20 Km dari kota Semarang. Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai banyak koleksi kereta api yang unik serta juga lengkap, antara lain 21 kereta uap, telepon antik, perabotan antik, alat telegraf morse, serta bel antik. Salah satu koleksi kebanggaan Museum Kereta Api Ambarawa yaitu, kereta uap bergerigi karena hanya ada 3 di seluruh dunia.

2. Candi Borobudur



Candi Borobudur adalah tempat wisata di Jawa Tengah yang paling ramai dikunjungi para wisatawan dari beberapa penjuru. Candi Borobudur adalah suatu  candi Buddha paling besar di dunia tidak heran tidak sedikit wisatawan yang berminat dengan wisata religi serta  wisata budayanya. Candi ini terletak 40 Km di sebelah barat laut Yogyakarta, Koleksi relief Buddha yang dimiliki Candi Borobudur benar-benar lengkap. Candi Borobudur adalah model mini dari alam semesta yang dibuat pada tahun 770 Masehi dipakai sebagai tempat untuk beribadah serta memuliakan Buddha.


3. Taman Wisata Air Panas Guci



Semacam halnya pemandian air panas alamiah yang lainnya, air panas yang ada di Taman Wisata Air Panas Guci juga dipercaya oleh warga bahwa air panas ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Taman Wisata Air Panas Guci berlokasi di kaki Gunung Slamet, terletak di Tegal, Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai lokasi tempat wisata ini, Kamu wajib menempuh perjalanan sekitar 40 Km dari Tegal, alias 30 Km dari Slawi. Tempat wisata dengan luas 210 hektar ini mempunyai beberapa fasilitas, semacam penginapan, perkemahan, wisata hutan, kolam renang air panas, hingga lapangan tenis serta juga lapangan sepak bola.

4. Kepulauan Karimunjawa



Kepulauan Karimunjawa berada di sebelah utara kota Jepara serta Semarang, serta terdiri dari 27 pulau, yang berpenghuni hanya 5 pulau saja. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang populer aka keindahan laut serta pantainya. Tidak hanya wisata pantaiya, Kamu juga bisa meikmati sensasi yang tidak sama, yaitu berenang dengan hiu serta penyu di Kepulauan Karimunjawa.


5. Dataran Tinggi Dieng



Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung berapi raksasa yang mempunyai beberapa kawah serta juga candi Hindu kuno. Dataran Tinggi Dieng berada kurang lebih 30 Km dari Wonosobo. Dataran tinggi ini mempunyai ketinggian mencapai 2,000 meter. sehingga  menyebabkan suhu di dataran ini yang sangat dingin hingga mencapai 15 derajat Celsius juga 10 derajat Celsius saat malam hari.


6. Pantai Kartini



Pantai Kartini adalah tempat transit juga penghubung untuk mereka yang berwisata ke Kepulauan Karimunjawa. Pantai Kartini berlokasi di Jepara, mempunyai luas lebih dari 3 hektar. Pantai Kartini disebut sebagai pantai permandian sebab  dipercaya bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit. Pantai Kartini juga mempunyai beberapa tipe wahana permainan, diantaranya area kebun binatang, bermain anak-anak, penyewaan perahu, panggung hiburan, serta tetap tidak sedikit lagi.


7. Pantai Marina



Yang dimaksud Pantai Marina di sini bukanlah Pantai Marina di Batam, melainkan Pantai Marina Semarang. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata jawa Tengah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, sebab jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari Bandara Ahmad yani. Di Pantai Marina ini, Kamu bisa bermain perahu, balapan mobil mainan, memancing, berenang, serta berlangsung-jalan di area kebun buah naga.

8. Puri Maerokoco


Puri Maerokoco adalah taman mini versi Jawa Tengah yang terletak di kota Semarang. Sekarang Puri Maerokoco telah menjadi tempat wisata yang mempunyai kualitas edukasi serta budaya, jadi tidak sedikit para orang tua mengajak anak-anak mereka ke tempat ini. Puri Maerokoco sering kali disebut sebagai cara mudah berkeliling Jawa Tengah. Tidak hanya rumah adat, Puri Maerokoco juga mempunyai beberapa fasilitas wisata semacam kolam pemancingan, kereta, pasar apung, sepeda air, bianglala, perahu, serta yang lainnya. Puri Maerokoco buka dari jam 08.00 hingga jam 18.00 dengan harga tiket masuk Rp 10,000.


9. Desa Wisata Tlogoweru


Desa Wisata Tlogoweru berlokasi di DEemak Desa Wisata Tlogoweru populer dengan burung hantu yang jumlahnya sangat tidak sedikit. Dahulu burung hantu ini dikembangkan dengan tujuan mengurangi serta memberantas hama tikus yang kala itu merusak tanaman jagung. Tidak hanya sukses memberantas hama tikus, burung hantu telah merubah kawasan ini menjadi suatu  tempat wisata yang penuh inovasi. Tidak hanya Kamu bisa menonton ratusan tipe burung hantu terbang bebas, di sini Kamu juga bisa mengenal bagaimana cara memelihara burung hantu.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Inilah Daftar 9 Tempat Wisata favorit di Jawa Tengah."