Ilmu Penunjang Geografi



Ruang lingkup geografi itu sangat luas, yaitu menyangkut segala fenomena atau gejala pada geosfer. Geosfer merupakan lingkup kajian geografi yang terdiri atas empat komponen utama yaitu atmosfer, hidrosfer, lithosfer dan biosfer. Ilmu geografi dapat diterapkan dalam kehidupan guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Dalam geografi hanya membantu manusia dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia di bumi.
Di bawah adalah ilmu-ilmu punya geografi sebagai berikut:

  1. Geofisika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat bumi bagian dalam dengan metode teknik fisika, seperti: pengukur gempa, gravitasi, medan magnit, dan lain-lain.
  2. Astronomi, yaitu ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi, seperti: matahari, bulan, bintang, planet-planet, dan lain-lain.
  3. Paleotologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, kompoisi dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan), serta proses alamiah yang membuat perkembangan sampai pada keadaan yang sekarang.
  4. Geologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan), serta proses alamiah yang membuat perkembangan sampai pada keadaan yang sekarang.
  5. Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang lautan, air serta gerakannya, pasang, arus, kedalaman, temperatur, kadar garam, dan nilai ekonominya. Selain itu juga mempelajari tentang geologi dasar laut, batas-batas laut, tumbuh-tumbuhan laut, binatang-binatang laut, serta hubungan antara laut dan atmosfer.
  6. Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air di permukaan tanah maupun di lapisan tanah bagian bawah, termasuk sungai, danau, mata air, dan rawa-rawa.
  7. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang atmosfer, udara, cuaca, suhu, angin, keawanan, curah hujan, radiasi matahari dan sebagainya.
  8. Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kondisi rata-rata cuaca. Klimatologi mempelajari atau membahas berbagai iklim di seluruh dunia.
  9. Botani adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan dan penyebarannya.
  10. Zoologi adalah ilmu yang mempelajari tentang binatang-binatang dan dimana atau di derah binatang-binatang tersebut hidup, penyebaran serta penyebab berpindahnya binatang-binatang tersebut.
  11. Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mengumpulkan serta menyediki catatan-catatan statistik penduduk untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, perpintahan dan penyebaran penduduk.
  12. Ekologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antar organisme sesamanya serta hubungan organisme dengan lingkungannya.
  13. Ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kemakmuran.
  14. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara seorang dengan seorang, perorangan dengan golongan, dan golongan dengan golongan atau ilmu yang mempelajari tentag kehidupan manusia dalam masyarakat.
  15. Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.
  16. Geografi Politik yaitu cabang geografi yang khusus mengkaji kondisi-kondisi geografis dari sudut politik atau kepentingan negara.


Subscribe to receive free email updates: