Pesona Puncak Jaya Wijaya Papua (Carstensz Pyramid)



[GEOMEDIA] Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam dan tradisi masayarakatnya. Hari ini, Carstenz Pyramid alias yang dapat disebut dengan puncak jaya, juga  berada di Papua. Puncak Carstensz ini adalah puncak paling atas di Australia dan Oceania. Carstensz Pyramid gunung beratap salju di Indonesia yang berada di Papua tak sedikit di impikan oleh tak sedikit pendaki untuk dapat menjejakkan kaki di puncaknya. Tidak hanya sebab dirinya adalah puncak paling atas di Indonesia, para pendaki bakal menemukan sensasi tak sama yang tak didapatkan di hampir semua karakter gunung di Indonesia, yakni atapnya Indonesia ini beratap salju.

Namun salju ini diperkirakan bakal menyusut dan mengering pada tahun 2024, faktor ini dikarenakan oleh pemanasan global. Perhitungan tersebut didasarkan atas analisis data empiris memakai pendekatan linier yang dikerjakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Sehingga bukan tak mungkin sebuahsaat pegunungan ini bakal kehilangan salju semacam yang terjadi di Gunung Kilimanjaro, Afrika.

Puncak Carstensz Pyramid mempunyai ketinggian 4884 M dpl ( 16023 ft ). Lokasi koordinatnya berada pada S 04°04.733 dan E 137°09.572, terletak di sebelah barat Central Highland yang disebut dengan Jayawijaya dan pegunungan Sudirman. Tak sedikit yang mengira bahwa puncak Jayawijaya sama dengan Carstensz Pyramide, padahal kedua puncak ini bersebelahan letaknya.

Pada tahun 1623 Navigator dari Belanda John Carstensz menjadi orang pertama yang mengangkat berita ke daratan Eropa mengenai adanya puncak es di negara tropis di garis eografis equator Barat Papua Nugini. Hasil laporannya ditanggapi dengan gelak tawa oleh publik pada saat itu. Baru pada tahun 1899, selang 3 abad lamanya ekspedisi Belanda yang sedang membikin peta di situ membenarkan apa yang di hinggakan John Carstensz. Maka namanya di abadikan di situ.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Puncak Jaya Wijaya Papua (Carstensz Pyramid)"

Post a Comment